Tim BIPA Unmas Juara 1!


Tim BIPA Unmas Juara 1!

Kompetisi Mendongeng BIPA Internasional

Pada kesempatan ini saya mewakili tim BIPA FBA Universitas Mahasaraswati Denpasar ingin berbagi pengalaman mengenai perjuangan kami mengikuti Kompetisi Mendongeng: Cerita BIPA 2021. Kompetisi yang diselenggarakan oleh SEAMEO QITEP in Language ini merupakan kompetisi bertaraf internasional yang diikuti oleh peserta dari 12 negara. Masing-masing tim terdiri dari 1 pengajar BIPA dan 1 pemelajar BIPA. Tim peserta harus membawakan cerita dongeng yang berasal dari negara pemelajar.

Pada kesempatan ini tim kami mempersembahkan cerita dongeng Panchatantra yang berasal dari India. Panchatantra merupakan kumpulan cerita menarik tentang lima cara yang dapat membantu manusia untuk mencapai keberhasilan. Bentuk cerita pada panchatantra menarik bagi anak-anak karena dikemas dengan sederhana tetapi bernilai moral tinggi. Pada kompetisi ini kami menampilkan cerita dengan judul “Si Pohon yang Egois dan Sang Ratu Lebah”. Cerita ini memiliki nilai moral: jangan berlaku egois tetapi selalu menolong orang lain”.

Saya melihat informasi mengenai kompetisi ini, pertama kali, melalui akun Instagram SEAQIL pada tanggal 27 Oktober 2021. Saya langsung meneruskan informasi ini kepada mahasiswa BIPA di lembaga kami. Ada satu mahasiswa yang berasal dari India, Dipesh Raj, yang langsung merespon tawaran saya. Lalu kami berkoordinasi dan membentuk tim produksi untuk pembuatan video mendongeng ini. Pada tanggal 29 Oktober 2021 kami melakukan pertemuan daring untuk berdiskusi mengenai dongeng apa yang akan kami bawakan, lini masa produksi video mendongeng, hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai syarat administrasi yang ditentukan oleh panitia, dan rincian pengurusan fasilitas dan properti mendongeng. Beberapa kali kami juga berlatih bersama untuk menyamakan persepsi dan kerja sama tim kami.

Lalu pada tanggal 14 November 2021 kami melakukan perekaman video di tempat yang sudah kami tentukan. Pengambilan video mulai dari pagi sampai siang hari. Tim kami juga mengundang pemeran pendukung yang terdiri dari 4 anak, untuk ikut dalam pengambilan video. Lalu, video yang sudah diambil disunting selama tiga hari oleh tim kami dan akhirnya pada tanggal 17 November 2021 video kami siap dikirim ke panitia.

Selanjutnya kami menunggu informasi dari panitia mengenai kompetisi ini. Informasi awal yang kami terima bahwa kami lolos pada tahap awal (ada 24 tim peserta), kemudian pada seleksi tahap berikutnya kami lolos sebagai 6 video terbaik yang maju ke babak final-live performance. Kembali kami melakukan persiapan dan latihan terus menerus sampai har- H live performance. Akhirnya pada babak final, kami mengerahkan semua kemampuan terbaik kami pada saat pertunjukan secara langsung di depan dewan juri.

Berkat ketekunan dan konsistensi dalam persiapan dan latihan mendongeng ini, kami berhasi meraih JUARA 1 dalam kompetensi mendongeng cerita BIPA 2021 ini. Kami bersyukur mendapat kesempatan mengikuti kompetisi ini dan memberikan contoh baik bagi pengajar, pemelajar, dan penggiat BIPA lainnya. Pembelajaran BIPA tidak hanya sekedar pembelajaran tentang bahasa, tetapi ada unsur lintas budaya dan kearifan lokal di dalamnya. Unsur-unsur itulah yang bisa disampaikan dengan baik melalui cerita dongeng. Terima kasih! Salam BIPA!

Oleh:
Verayanti Utami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *