Tata Bahasa BIPA dan Pengajar BIPA dari Jerman


Tata Bahasa BIPA dan Pengajar BIPA dari Jerman

Hari ini, Sabtu 4 Desember 2021, saya ‘ngobrol’ dengan dosen serta pengajar BIPA di Jerman dan sekitarnya. Dari sekitar 18 dosen BIPA itu saya melihat cukup banyak nama dan wajah yang sudah saya kenal. Mereka itu adalah alumni kursus Program Sertifikat Guru BIPA (CerTIFL) Level 1 dan 2.

Di hari pertama ini kami membincangkan sejumlah konsep, definisi serta cara pandang tentang berbagai isu dan istilah teknis dalam tata bahasa BIPA. Mengapa Tata Bahasa BIPA? … Tata Bahasa BIPA adalah sejumlah konsep tata bahasa Bahasa Indonesia yang diteropong dari sudut pandang pengajaran, pemelajaran, pengajar serta pemelajar BIPA. Dalam banyak hal sudut pandang ini banyak berbeda jika dibandingkan dengan sudut pandang pengajaran dan pemelajaran tata bahasa Bahasa Indonesia kepada dan oleh orang Indonesia.

Di hari pertama ini juga mengingatkan kembali bahwa tata bahasa itu setidaknya meliputi 5 unsur bahasa (Panca Tata termasuk bunyi atau fonologi). Pengajar BIPA juga harus senantiasa ingat bahwa kalimat (sintaksis) hanyalah salah satu (dan bukan satu-satunya) unsur tata bahasa. Hal kedua yang perlu diingat adalah bahwa pengajar BIPA harus mampu menarik menarik garis tegas antara konsep ketatabahasaan dan metodologi pengajaran.

Itu sebabnya di sesi ke dua hari ini, kami belajar tentang bagaimana menampilkan pelajaran Tata Bahasa BIPA dalam materi ajar dan bagaimana mengajarkannya berbadasarkan prinsip kinerja pemelajar atau ‘performance-based approach’. Fokus pelajaran hari ini adalah Tata Bahasa BIPA di tingkat bunyi (fonologi) dan kata (morfologi). Minggu depan kami akan membahas pembelajaran Tata Bahasa BIPA di tingkat kalimat, menggunakan konsep tata bahasa tranformasi generatif.

Siapa bilang pengajaran Tata Bahasa itu membosankan. Sebagai pengajar BIPA kita harus memahami dulu konsepnya dengan benar setelah itu kita mencari cara yang efektif untuk memahamkan konsep itu kepada pemelajar.

[… Bersambung …]

More info on our programs:
[email protected] [E]
+62 811 380 4814 [WA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *