Sertifikat Guru BIPA Angkatan ke 70


Sertifikat Guru BIPA Angkatan ke 70

Tiga hari pertama (15-18 November) Kursus Sertifikat Guru BIPA (CerTIFL) Level 1: Metodologi Pengajaran BIPA angkatan ke 70 sejak 2009 – diikuti oleh 9 orang, satu di antaranya berdomisili di Belgia. Kelas yang dimulai pukul 15:30 wita itu setiap hari riuh dengan berbagai pertanyaan dan komentar dari para peserta. Ternyata seluruh peserta memiliki latar belakang yang sama dengan saya – alumni jurusan pendidikan atau sastra bahasa asing. Dengan latar belakang ini mereka membawa 3 modal utama: penutur asli Bahasa Indonesia yang sudah menguasai keterampilan dan ‘pengetahuan’ Bahasa Indonesia; memiliki pengalaman tuntas (mastery learning) belajar (dan diajar) bahasa asing; pengalaman dan pengetahuan mengajarkan bahasa asing kepada orang Indonesia.

Ketiga pengalaman ini sangat bermanfaat untuk memahami konsep-konsep pembelajaran BIPA serta akan menjadi modal dasar untuk mengembangkan empati pada pemelajar BIPA yang sedang atau yang akan mereka hadapi.

Diskusi tiga hari pertama ini menyangkut berbagai isu pengajaran 4 keterampilan bahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) serta dua komponen bahasa (tata bahasa dan kosakata). Dengan menyelesaikan tiga hari pertama ini para peserta diajak mendalami dan menentukan perbedaan antara teori kebahasaan (linguistik) dan metodologi pengajaran. Misalnya, mereka diajak untuk mengkaji ulang konsep atau istilah ‘me – kan‘ dan ‘me – i‘ — Apakah benar ada bentuk seperti itu. Selanjutnya, mereka diminta untuk merenungkan apakah benar ada konsep ‘objek bergerak’ dan ‘objek diam’ pada kata ‘melempari’ dan melemparkan? … Selamat datang di BIPA Indonesia.🙏🙏💪

Informasi tentang kursus ini:
[email protected]
+628113804814 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *