http://apbipabali.org/level-ii/

Program Sertifikat Guru BIPA Level 2: Rancangan Silabus dan Bahan Ajar BIPA

Tujuan

Kursus ini bertujuan untuk melatih peserta agar mereka:

  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan praktis untuk menyusun silabus dan bahan ajar BIPA sesuai dengan perkembangan mutakhir teori pengembangan silabus dalam prngajaran bahasa.
  • Memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan/atau melakukan modifikasi terhadap silabus yang sudah ada agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan program BIPA.
  • Mampu merancang kursus baru dengan silabus yang baru berdasarkan informasi yang diberikan oleh siswa atau penyandang dana.

Materi Ajar

Materi kursus ini meliputi analisis secara kritis terhadap berbagai jenis silabus yang dikembangkan berdasarkan teori bahasa (linguistik), teori pengajaran, dan pembelajaran bahasa dan pembelajaran bahasa. Kursus ini akan membimbing para peserta untuk selalu bersikap kritis terhadap berbagai bentuk silabus sehingga mereka mampu memperoleh manfaat dari setiap jenis silabus tersebut mulai dari silabus yang berdasarkan pendekatan tata bahasa sampai dengan silabus berdasarkan kompetensi.

ZOOM - DARING 2020
(16:30 - 20:30 wita - 20 jam)

24 - 27 Agustust - APBIPA Bali
21 - 24 September - APBIPA Bali
19 - 23 Oktober - APBIPA Bali
9 - 13 November - APBIPA Bali
14 - 18 Desember - APBIPA Bali

 

(Pendaftaran dan info lengkap hubungi [email protected]).


Jadwal

Jadwal penuh selama pelatihan selama 30 jam adalah sbb:


Peserta

Kursus ini dirancang untuk 20 peserta dan sanghat cocok bagi mereka yang saat ini telah mengelola program BIPA. Kursus ini juga sangat cocok bagi guru yang telah berpengalaman dan hendak meningkatkat kemampuan mereka pada jenjang. Kursus ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang hendak mengembangkan BIPA pada lembaga tempat mereka bekerja.

Prasyarat

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari kursus ini, setiap peserta diwajibkan telah:

  • Mengikuti program Sertifikat Guru BIPA Level 1: Metodologi Pengajaran BIPA dari APBIPA Bali (40 jam) atau lembaga sejenis.

Atau

  • Memenuhi kriteria yang ditentukan oleh APBIPA Bali dengan mengisi Formulir dan menjawab sejumlah pertanyaan dan mengirimkan sejumlah dokumen yang diminta oleh koordinator kursus APBIPA Bali.

Biaya

Biaya untuk mengikuti pelatihan ini adalah Rp 1,75 juta per orang untuk kelas daring atau Rp 2,5 juta per orang untuk kelas konvensional . Biaya ini sudah termasuk:

  • Kursus selama 20 jam
  • Materi (soft copy)
  • Sertifikat (soft copy dan hard copy atas permintaan untuk dalam negeri).

Nyoman Riasa memiliki pengalaman yang sangat luas dalam pengajaran BIPA dan manajemen program BIPA. Ia telah merancang berbagai program BIPA untuk berbagai kalangan. Saat ini ia adalah salah seorang Kepala Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai dan instruktur tunggal program BIPA di Critical Language Institute yang berada di bawah sueprvisi The Melikian Center, Arizona State University, USA. Nyoman Riasa pernah menjadi konsultan BIPA pada Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta (2004-2009). Dalam berbagai forum BIPA di tingkat nasional Riasa selalu muncul dengan ide-ide segar termasuk program RSBIPA vs. RSBI (2011), gagasan UKBIPA (Uji Kemahiran BIPA) pada Semiloka Internasional Pengajaran BIPA (2007) di Jakarta, dan konsep "Trilogi Pengembangan BIPA Nasional" (2010) pada KIPBIPA VII di Universitas Indonesia, Jakarta.

 

 

View Mobile Site