Print this pageEmail this to someoneShare on LinkedInShare on Google+Share on Facebook
http://apbipabali.org/level-i/

Program Sertifikat Guru BIPA Level 1: Metodologi Pengajaran BIPA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Tujuan

Kursus ini memberikan pelatihan kepada para peserta agar mereka mampu:

  • menerapkan pendekatan, metode, dan teknik mutakhir pengajaran BIPA;
  • mengajarkan bahasa Indonesia kepada siswa BIPA (orang asing) yang memiliki latar belakang pendidikan dan budaya yang berbeda;
  • menyiapkan guru-guru BIPA yang terampil untuk menyambut peluang mengajar BIPA di dalam dan luar negeri (Australia, Jepang, Amerika, China, dll);
  • mendorong timbulnya kesadaran budaya pada siswa BIPA sebagai bagian dari kegiatan belajar serta untuk merefleksikan semuanya ini dalam setiap kegiatan belajar di dalam kelas.

Tanggal penting 2017

5 - 7 Oktober di Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai
15 - 17 Desember di BIPA Dahsyat, Jakarta (Pendaftaran masih terbuka, hubungi nriasa@apbipabali.org

Materi Ajar

Setiap hari akan diberikan topik yang berbeda seperti jadwal di bawah ini.

Peserta

  • Guru BIPA Pemula (Junior) - Penguasaan aspek metodologi yang mapan merupakan landasan fundamental bagi guru yang baru memasuki profesi kebipaan.
  • Guru BIPA yang berpengalaman (1-5 tahun) - Bagi guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar BIPA, kursus ini akan memberikan cara pandang baru yang akan menjadi perekat kuat terhadap seluruh pengalaman yang dimiliki. Termasuk dalam peserta kategori ini adalah guru-guru privat BIPA yang independen.
  • Guru bidang studi bahasa Inggris - Kursus ini sangat dianjurkan bagi guru yang berkeinginan untuk mengikuti program pertukaran guru dengan pihak luar negeri (Australia, Amerika, Jepang, dan China). Keterampilan yang akan diterima pada pelatihan ini akan memberikan dimensi lain pada pembelajaran bahasa yang dilakukan orang asing. Hal ini kelak akan dapat direlefksikan pada pengajaran bidang studi yang sedang diasuh.
  • Guru bidang studi bahasa Indonesia - Mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing ternyata memiliki dimensi yang sangat berbeda dengan mengajar bahasa Indonesia bagi siswa Indonesia sendiri. Ada aspek-aspek spesifik pengajaran BIPA yang tidak akan ditemui pada proses pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa Indonesia.
  • Guru bidang studi lain (kesenian) - Kursus ini akan memberikan keterampilan bagi guru bidang studi nonbahasa yang tidak saja akan menambah khazanah pengalaman mengajar tetapi juga proses pembelajaran yang dihadapi oleh orang asing.

BiayaBiaya untuk mengikuti pelatihan ini sebesar Rp2.000.000, 00 per orang. Harga sudah termasuk materi, makan siang, kudapan, dan sertfikat. Biaya ini tidak termasuk akomodasi dan transportasi (lokal).Narasumber

  • Nyoman Riasa memiliki pengalaman yang sangat luas dalam pengajaran BIPA dan manajemen program BIPA. Ia telah merancang berbagai program BIPA untuk berbagai kalangan. Saat ini ia adalah salah seorang konsultan BIPA pada Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta.Dalam berbagai forum BIPA di tingkat nasional Riasa selalu muncul dengan ide-ide segar termasuk program RSBIPA vs. RSBI.
  • Niknik M. Kuntarto  - dosen Universitas Multimedia Nusantara, pegiat BIPA, penulis serta pengelola BIPA Dahsyat yang terletak di Jakarta. Niknik adalah salah satu alumni Program Sertifikat Guru BIPA Level 1 (2009) dan telah meneyelesaikan Program Sertifikat Guru BIPA Level 1-3.
  • Randi Ramlyana - dosen Bahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, aktif dalam dunia fotografi dan kartun. Randi adalah salah satu anggota Tim Pengeleola BIPA Dahsyat dan telah menyelesaikan kursus Program Sertifikat Guru BIPA Level 1 - 3.

Hubingi nriasa@apbipabali.org untuk informasi lebih detil.

Print this pageEmail this to someoneShare on LinkedInShare on Google+Share on Facebook
View Desktop Site