Print this pageEmail this to someoneShare on LinkedInShare on Google+Share on Facebook
http://apbipabali.org/bahasa-indonesia-dalam-program-cli-asu-arizona/

Malam Indonesia 1
Tahun 2017 adalah tahun kedua Bahasa Indonesia secara resmi dimasukkan ke dalam Program Critical Language Institute yang berada di bawah Melikian Centre pada Arizona State University (Universitas Negara Bagian Arizona). Pada tahun pertama (2016) ada enam orang mahasiswa yang mendaftar untuk program Bahasa Indonesia: 2 orang belajar di Bali selama 8 minggu dan 4 orang di Arizona State University selama 8 minggu dan dilanjutkan dengan 4 minggu di Universiats Ngurah Rai, Denpasar. Mereka berasal dari Universitas Cornell, Universitas Notredam, Universitas Clarkson, dan Arizona State University.

Tahun 2017 ini sejumlah 13 (tigabelas) mahasiswa yang berhasil melewati seleksi program Bahasa Indonesia dan mereka berasal dari berbagai universitas besar di Amerika. Pada gelombang pertama, dua orang mahasiswa Arizona University belajar selama 8 minggu di Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai. Gelombang ke 2 harus belajar di Arizona State University selama 8 minggu (22 Mei – 14 Juli 2017) sebelum diberangkatkan ke Denpasar Bali untuk mengikuti program lanjutan selama 4 minggu.

Ketika memulia program, ke 11 mahasiswa yang mulai belajar di Arizona State University belum tahu Bahasa Indonesia sama sekali tetapi beberapa di antara mereka sudah menguasai dua atau tiga bahasa asing. Mereka memiliki latar belakang jurusan akademik yang sangat beragam, mulai dari Keuangan dan Bisnis, Teknik Komputer,Teknik Kimia, MIPA, Sosial Politik sampai dengan Teknik Penerbangan dan Ruang Angkasa serta Kebijakan Hukum dan Kepolisian.
CLI Rap
Dari 11 mahasiswa itu hanya delapan orang yang akan melanjutkan program mereka di Bali selama 4 minggu (17 Juli – 12 Agustus), sementara dua orang mahasiswa yang lebih senior sudah tiba di Bali pada 16 Juni 2017 untuk program selama delapan minggu.
Selama di kampus Arizona State University ke 11 mahasiswa tersebut dilatih untuk menguasai keterampilan Bahasa Indonesia mulai dari percakapan sehari-hari (survival language) sampai dengan presentasi yang menggunakan Bahasa Indonesia ranah formal.

Rata-rata kecepatan belajar mereka sangat tinggi yang menyebabkan saya sebagai instruktur harus mengimbangi mereka dengan materi dan kegiatan di dalam kelas sesuai kecepatan mereka. Setiap hari kecuali hari Kamis, mereka harus menulis esei pendek (350 kata) menggunakan bahasa yang telah mereka pelajari dengan menerapkan kaidah-kaidah kebahasaan yang dipelajari sebelumnya.
Setelah minggu ke enam, mereka menulis esei yang memberikan kenikmatan kepada saya untuk membacanya karena mereka menuliskannya dengan gaya khas mereka, seperti contoh di bawah ini.
CLI 2017 Act 1
“… Sospol adalah bidang kebijakan domestik dan luar negeri. Kebijakan adalah apa yang dilakukan pemerinta. Untuk sospol saya juga belajar hukum di Amerika dan hukum di negara lain. Di Amerika, ilmu politik adalah studi tentang Presiden dan Kongres. Sospol adalah juga tentang budaya, ekonomi dan masyarakat negara Amerika dan negara lain. Bidang sospol memakai banyak statistik dan studi kasus. Studi kasus adalah contoh spefifik tentang teori politik di negara spesifik dan saya pikir studi kasus adalah yang paling menarik dari sospol. …” (Monica Orillo, Arizona State University)

… Franklin Delana Roosevelt (atau FDR) adalah seorang negawaran Amerika dan pemimpin politik yang merupakan Presiden Amerika Serikat ke 32 dari tahun 1933 sampai kematiannya pada tahun 1945. Seorang Demokrat, dia memenangkan empat pemilihan presiden dan merupakan tokoh penting dalam peristiwa dunia selama pertengahan abad ke 20. Dia memimpin pemerintah Amerika Serikat selama sebagian besar Depresi Besar dan Perang Dunia II. …” (Dylan DeWitt, Ohio State University).

CLI 2017 Papua
“Saya mahasiswa matematika di Universitas Maryland dan saya baru selesai tahun pertama di universiats, jadi saya tidak tahu banyak tentang jurusan saya. Ketika mulai kuliah saya mau menjadi insinyur tetapi setelah satu semester saya mengganti jurusan saya ke matematika. Saya sudah pernah mengambil dua semester untuk kalkulus. Kalkulus adalah bidang kesukaan saya sekarang. …” (Vlada Dementyeva, University of Maryland).

“Ini adalah tulsian tentang J.K. Rowling. JK Rowling adalah orang yang tulis buku Harry Potter. Walaupun dia adalah seorang penulis yang sangat sukses, dia memiliki kehidupan yang sangat sulit. Saat dia masih muda, kehidupan keluarag terasa berat karena ibunya menderita skoliosis. Itu adalah ‘pertempuran’ yang berlangsung selama 10 tahun. Ibunya meninggal ketika JK Rowling berumur dua pulu lima tahun. …” (Tia Scoggan, Purdue University).

CLI 2017 Act
Sebagai bagian penting dalam program ini adalah pengenalan budaya Indonesia (Bali) yang ingin mereka ketahui lebih dalam. Mereka memilih topik dan cara penyajian kepada hadirin. Kegiatan ini dirangkum dalam Indonesian Club (Klub Indonesia). Puncak dari kegiatan budaya ini adalah penyelenggaraan Malam Indonesia sebuah presentasi tentang Indonesia secaraa yang lebih komprehensif. Para instruktur CLI-ASU dan sejumlah mahasiswa dari programa bahasa yang lain hadir untuk menikmati Malam Budaya ini. Penampilan atraksi budaya dan makanan Indonesia (Bali) senantiasa mendapat apresiasi yang sangat tinggi. Penampilan para mahasiswa begitu apik, makanannya enak.

CLI 2017 Act PS
Tahun 2017 ini program Bahasa Indonesia sangat beruntung karena para mahasiswa Amerika ini bertemu dengan delapan orang mahasiswa dari Papua yang sedang belajar bahasa Inggris di Arizona State University untuk melanjutkan ke program pendidikan pilot.
Masuknya Bahasa Indonesia ke dalam Program CLI-ASU tidak lepas dari peran aktif Dr. Peter Suwarno, satu-satunya dosen Bahasa Indonesia di Arizona State University dan Dr. Kathleen Evans-Romaine, Direktur Critical Language Institute. Mereka telah mempercayakan program ini untuk dilaksanakan oleh APBIPA Bali yang bekerja sama dengan Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai di Denpasar Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View Mobile Site