http://apbipabali.org/

Selamat Datang di website APBIPA Bali Memartabatkan Bahasa Indonesia


 Bergabunglah menjadi anggota APBIPA Bali untuk belajar melatih diri, memartabatkan Bangsa dan Bahasa Indonesia di mata dunia melalui metode pengajaran BIPA mutakhir, hubungi nriasa@apbipabali.org

SERTIFIKAT GURU BIPA

Menerapkan pendekatan, metode, dan teknik mutakhir pengajaran BIPA, memperisiapkan guru BIPA yg terampil dalam dan luar negeri
Selanjutnya >>>

Kursus APBIPA

Indonesian Language Immersion Program & Indonesian Culinary Courses in Denpasar

Selanjutnya >>>

 

Kemitraan APBIPA

Program Kemitraan Indonesia – Australia:
Program Kerjasama APBIPA Bali dengan Sekolah di Australia & Indonesia
Selanjutnya >>>

 

 

Menata kembali di 2018

Web APBIPA BaliSelama 20 tahun sejak 1998 APBIPA Bali mengalami jatuh-bangun yang luar biasa yang diakibatkan oleh berbagai hal. Ada hal yang terjadi secara internal dan ada banyak hal juga disebabkan oleh berbagai faktor eksternal sejak 2011.

Pada 2008 untuk kali pertama APBIPA Bali melakukan perencanaan strategis pengembangan program. APBIPA Bali memulainya dengan semangat ‘pendidikan untuk pemberdayaan’. Dengan konsep ini, semua program APBIPA Bali diupayakan untuk senantiasa mencerahkan dan mencerdaskan bagi setiap pengajar BIPA.

Program ini dimulai dengan kegiatan berbagi pengalaman dan keterampilan dalam pengajaran BIPA dalam format Program Sertifikat Guru BIPA Level 1: Metodologi Pengajaran BIPA. Dalam perjalanannya, Program ini telah berkembang menjadi Program Sertifikat Guru BIPA Level 1-4 sebagai langkah untuk menyerahkan tongkat estafet program penguatan BIPA.

Pada 2010 pada KIPBIPA ke 7 di Jakarta, APBIPA Bali menyampaikan gagasan "Trilogi Pengembangan BIPA Indonesia: BIPA sebagai Ilmu, Profesi, dan Industri" yang dikerjakan masing-masing oleh ‘stake holder’ yang berbeda.

Mulai 2016 APBIPA Bali lebih banyak berfokus pada pengembangan BIPA sebagai industry – bagaimana membantu unit BIPA di sebuah lembaga untuk mampu berkembang secara mandiri melalui sosialisasi program bersama serta bagaimana mengembangkan kegiatan baru. Semuanya ini dilakukan dalam wadah Konsorsium BIPA Intim. Dalam waktu dekat kami akan berhimpun untuk menguatkan pengenalan, pengelolaan, dan pengembangan program BIPA.

Bagi para pengajar BIPA, mulai 2018 APBIPA Bali akan memperbarui kartu anggota bagi setiap pengajar BIPA atau mereka yang sudah menyelesaikan minimal Program Sertifikat Guru BIPA Level 1 dari APBIPA Bali. Untuk setiap anggota yang memiliki kartu anggota, mereka akan mendapat manfaat atas setiap program yang dilaksanakan oleh APBIPA Bali. Manfaat ini juga bisa diberikan (transferable) kepadasa habat pemegang kartu anggota tersebut. Dengan demikian, setiap orang yang berminat pada profesi BIPA dapat memperoleh manfaat atas kartu tersebut.

Semoga bisa tercapai.

Nyoman Riasa
Direktur Program

Salam BIPA.

Manfaat mengikuti Program Sertifikat Guru BIPA

  • Mapan dalam penguasaan metodologi pengajaran BIPA untuk berbagai program BIPA.
  • Memiliki sayarat utama untuk memiliki Kartu Anggota APBIPA Bali.
  • Diikutsertakan dalam program pertukaran pengajar BIPA Indonesia-Australia
  • Memperoleh potongan biaya keikutsertakan kegiatan APBIPA Bali dan potongan harga di beberapa hotel dan restoran di Bali.
  • Mandapatkan akses terhadap silabus dan bahan ajar BIPA yang dikembangkan APBIPA Bali.
Pusat Bahasa STPBI
APBIPA INDONESIA
international-konfrensi
View Mobile Site